21 Mei 2010

PNS YANG BERKANTOR JARAK JAUH

Apakah pekerjaan anda? Mungkin seorang PNS atau karyawan? Dimana tempat kerja anda? Jika jarak rumah dengan kantor anda diatas 30 km, maka kita senasib.

Ya, saya adalah seorang PNS golongan IIa tanpa tanggungan keluarga (maklum masih lajang). Jarak antara rumah dan kantor saya sekira 30 km. Saya masih numpang di rumah orang tua di bilangan perumnas antang, 15 km sebelah timur pusat kota Makassar, sementara kantor saya berada di Kabupaten Maros, sekira 30 km sebelah utara pusat kota makassar. (gambar : Peta wilayah Makassar-Maros).

Mungkin anda agak miris mendengarnya, namun itulah hidup, ibu saya bilang, ”rejekimu masih sebatas itu nak, bersabarlah”, kata beliau menyemangati. Mungkin anda berpikir gaji saya sebagai PNS berpangkat rendah pasti tidak mencukupi kebutuhan saya sehari-hari, anda benar, memang demikian adanya.

Sehari-hari saya ke kantor naik motor, minimal 60 km jarak yang mesti saya tempuh perharinya, belum ditambah pacar yang minta diajak jalan-jalan dulu sebelum saya antar ke rumahnya. Untuk menghadapi kondisi ekstrim tersebut, saya mempunyai kiat-kiat antara lain :

BANYAK MINUM AIR PUTIH

Minum air putih minimal 8 liter perhari akan membuat data tahan tubuh kita lebih baik. Bayangkan saja jika tiap hari saya duduk selama 2 jam saat mengendarai motor.

OLAHRAGA TERATUR

Mungkin ini yang belum saya lakukan. Olahraga teratur niscaya akan membuat anda bugar setiap harinya, dan daya tahan tubuh anda akan meningkat.

SARAPAN PAGI

Setiap pagi saya sarapan pagi, minimal minum teh atau susu

RILEKS

Tak usah tergesa-gesa membawa kendaraan anda, toh anda akan sampai di kantor juga bagaimanapun keadaannya, dibanding tergesa-gesa namun tak sampai di kantor karena mengalami kecelakaan.

LINDUNGI KULIT ANDA

Pakailah hand body atau sunblok pada anggota tubuh anda (tangan, lengan) untuk melindungi dari sengatan panas matahari. Untuk kiat lainnya, berangkatlah ke kantor pagi hari saat matahari belum menyengat dan pulanglah kantor sore hari saat matahari sudah tidak terik.

BAWALAH BEKAL

Membawa bekal buat makan siang sangat tepat untuk anda jika ingin menghemat pengeluaran anda. Bawalah makanan yang tidak cepat basi dan pisahkanlah wadah antara nasi dan lauknya.

PERIKSA KELAYAKAN JALAN KENDARAAN ANDA

Untuk keamanan selama perjalanan jauh, pastikan kendaraan anda (motor) dalam keadaan fit. Periksalah ban, oli, bensin, lampu, rem, dll agar tetap dalam keadaan baik. Jangan lupa membawa surat-surat kendaraan anda (SIM, STNK)

BAWALAH UANG YANG CUKUP

Kita tidak ingin sesuatu terjadi pada diri kita saat berkendara bukan? Ban bocor, kehabisan bensin merupakan contoh kecil yang dapat mengganggu perjalanan kita. Maka bawalah uang yang cukup sebagai antisipasi. Tapi jangan membawa uang berlebih guna menghindari kerugian yang lebih besar apabila suatu waktu kita dirampok ditengah jalan. Uang berlebih anda cukup disimpan di ATM, tentu saja kita mesti menabung di bank yang ber-ATM yang ATMnya kita lewati. Sebagai gambaran, saya menyimpan uang minimal 50 ribu dan maksimal 100 ribu di dompet saya.

JANGAN TINGGALKAN KEWAJIBAN BERIBADAH

Walaupun perjalanan jauh, anda sebaiknya tetap melaksanakan kewajiban ibadah anda (contoh, saya adalah seorang muslim yang masih mengusahakan agar shalat saya tidak bolong-bolong). Saya biasanya shalat Ashar dulu sebelum beranjak meninggalkan kantor. Hal ini dapat membuat hati menjadi tenang dan damai dalam mengendarai kendaraan (motor)

LEBIH KREATIF, EFEKTIF, DAN EFISIEN

Bekerja sebagai PNS apalagi staf biasa mungkin terasa menjemukan, apalagi kadang kita tidak ”bekerja” karena pekerjaan biasanya (seperti saya) akan lebih banyak saat awal bulan (bagi anda yang mengerjakan laporan bulanan) dan pekerjaan akan lebih sedikit pada pertengahan hingga akhir bulan. Untuk itu, lebih kreatiflah dengan cara mengerjakan apa yang dapat dikerja. Sugestikan dalam diri anda bahwa perjalanan anda sangat jauh yang mana perjuangan anda akan sangat sia-sia jika tak ada perkembangan pekerjaan setiap harinya. Mulailah dengan hal kecil, seperti mengupdate status facebook/twitter anda dengan pesan yang membangun sebagai inspirasi anda atau mencatat kejadian-kejadian penting hari itu ataukah dengan hanya sekedar mengomentari status teman di facebook.

Setelah puas, anda dapat bereksplorasi lebih jauh dengan membaca, baik itu buku-buku yang ada di kantor anda, ataupun artikel-artikel yang banyak di internet melalui handphone anda. Aktifitas ini dapat diselingi dengan mencari peluang bisnis baru lewat internet.

Mungkin tahap selanjutnya dapat anda lakukan dengan menulis, menulis apa saja (seperti yang sekarang saya lakukan ini). Intinya, gunakanlah waktu anda sebaik mungkin dalam beribadah, belajar, dan bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...