16 Nov 2010

Selamat Idul Adha 1431 H

Sayup-sayup terdengar khutbah Idul Adha dari salah satu masjid di
dalam kompleks perumahan saya. Tak seperti biasa, jika biasanya
terdengar banyak asal suara khutbah saat hari raya Islam namun kali
ini hanya 1 sumber suara terdengar. Sangat kontras dengan seharusnya
se uah hari raya yang meriah, ramailah paling tidak.

Hal ini disebabkan karena perbedaan penafsiran jatuhnya hari Raya Idul
Adha tahun ini. Pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha jatuh pada
tanggal 16 November 2010, tepat dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1431 H
sehingga seluruh jamaah haji sudah wukuf di Arafah pada tanggal 15
November 2010. Pemerintah Indonesia lain lagi, menetapkan Idul Adha
pada tanggal 17 November 2010. Namun demikian Muhammadiyah sebagai
salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia berbada pendapat dengan
penetapan pemerintah dan ikut waktu pelaksanaan di Arab Saudi sehingga
melaksanakan Idul Adha hari ini, Selasa 16 November.

Hal ini menimbulkan sedikit permasalahan tersendiri. Taruhlah misalnya
pelaksanaan Idul Adha yang berbada di masyarakat. Namun sepertinya
masyarakat banyak melakukan Shalat Idul Adha besok, 17 November karena
suara khutbah hari ini hanya 1 sumber yang saya dengar. Masalah dari
saya pribadi adalah pelaksanaan puasa Arafah yang entah kapan saya
laksanakan. Saya sebenarnya ingin melaksanakan shalat Idul Adha hari
ini namun badan kurang fit, hanya jempol ini yang aktif bergerak. Saya
jadi lupa melaksanakan puasa Arafah kemarin, mungkin yang melaksanakan
shalat besok banyak diantaranya yang melaksanakan puasa Arafah hari
ini. Namun jika yang dianggap benar oleh Allah SWT adalah shalat Idul
Adha hari ini, apakah yang puasa hari ini berdosa? Entahlah, saya juga
bingung.

Akhirnya, kapanpun anda shalat Idul Adha saya ucapkan Selamat Idul Adha 1431 H.

--
Dikirim dari perangkat seluler saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...