18 Nov 2011

Nokia Lumia, Ponsel Windows Pertama Nokia


Nokia telah resmi memperkenalkan Nokia Lumia 800 dan disusul kemudian dengan memperkenalkan Nokia 710 di ajang Nokia World. Kedua smartphone ini merupakan perangkat Windows Phone 7.5 Mango kreasi Nokia yang telah lama dinanti. Nokia Lumia 800 merupakan ponsel pertama Nokia bersistem operasi Windows. Nokia Lumia 800 alias SeaRay mengusung prosesor single-core Scorpion berkecepatan 1.4 GHz, RAM 512 MB, dan memori internal berkasitas 16 GB. Menariknya, Microsoft enyediakan media penyimpan data berbasis awan dengan kapasitas 25 GB.

Pada sektor display, Nokia Lumia 800 didukung layar ClearBlack AMOLED berukuran 3.7 inci. Sementara di sektor alat pengabadi gambar, Lumia 800 masih menyematkan optik dari Carl Zeiss beresolusi 8 MP (f/22), dengan fasilitas auto-focus plus lampu flash LED ganda. Sama seperti Nokia N9, smartphone Lumia 800 juga menerapkan kartu micro-SIM. Ponsel pintar ini hadir dengan beberapa pilihan warna atraktif seperti Biru, Magenta, dan Hitam.

Nokia Lumia 800 diluncurkan di beberapa negara di Eropa pada bulan November ini, dengan estimasi harga sekitar 420 (Rp5,2 juta-an) untuk Nokia Lumia 800 dan 270 (Rp3,3 juta-an) untuk Nokia Lumia 710. Sebagai generasi pertama smartphone Nokia dengan sistem operasi Windows Phone, Nokia Lumia 800 dan Lumia 710 memang sangat ditunggu kehadirannya. Tak heran memang, mengingat kehadirannya yang mengusung sistem operasi Windows Phone plus sejumlah fitur baru yang ditawarkan, keduanya memang digadang-gadang bakal siap bersaing dengan para kompetitornya.

Sayangnya, bagi pengguna yang sebelumnya mendambakan hadirnya fitur berbagi internet, baik di Nokia Lumia 800 dan 710 sepertinya bakal gigit jari. Pasalnya, berdasarkan laporan terbaru yang dilansir pocketnow, disebutkan jikalau kedua ponsel WP Nokia itu tidak didukung dengan hadirnya fitur tersebut. Kabar tak sedap ini datang dari sebuah thread di forum Nokia, ketika ada satu pengguna yang secara khusus menanyakan tentang dukungan tethering pada 800.


Terkait dengan pertanyaan itu, seorang 'pakar teknis' yang juga sumber dari Nokia menerbitkan informasi sebagai tanggapannya, dengan menyatakan bahwa 'penggunaan modem/tethering tidak disupport oleh perangkat Lumia 710/800'.

Setelah pengumuman preorder Nokia Lumia 800, yang dibuka melalui Clove (Store Online di Inggris), baru-baru ini pihak Nokia mengkonfirmasikan bahwa ponsel Windows Phone 7,5 Mango tersebut dikabarkan telah mulai dipasarkan di Inggris pada 16 November lalu. Pada awal peluncurannya Nokia Lumia 800 hadir dalam satu warna, yakni hitam. Untuk corak warna lain seperti cyan dan magenta bakal menyusul pada 28 November. Smartphone Lumia 800 dibanderol seharga 640 USD (Rp 5,76 jutaan), sementara Harga yang ditawarkan di India yaitu 29.000 INR (577 USD) atau sekitar Rp 5,25 jutaan. Dengan begitu, Nokia Lumia 800 menjadi ponsel Windows Phone 7 termahal yang beredar di India dan akan berkompetisi dengan smartphone Android seperti Samsung Galaxy S II dan HTC Sensation, dimana kedua ponsel ini dibanderol dengan harga yang tak jauh beda.

Sementara itu, untuk pemasaran secara global pihak Nokia belum memberikan informasi secara pasti. Tapi kemungkinan besar akan hadir pada awal tahun 2012. Hanya saja belum dipastikan apakah pihak pabrikan asal Finlandia ini akan melakukan promosi iklan secara besar-besaran nantinya, guna mendukung suksesnya penjualan Lumia 800.

Spesifikasi Nokia Lumia 800

Umum
Jaringan 2G : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G : HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Diperkenalkan :October 2011
Dirilis : November 2011

Ukuran
Dimensi : 116.5 x 61.2 x 12.1 mm, 76.1 cc
Berat : 142 g

Layar
Tipe : AMOLED capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran : 480 x 800 pixels, 3.7 inches (~252 ppi pixel density)
- Gorilla Glass display
- Nokia ClearBlack display
- Multi-touch input method
- Proximity sensor for auto turn-off
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate
- Touch-sensitive controls

Sound
Alert types : Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker : Ya
3.5mm jack : Ya

Memory
Phonebook : Practically unlimited entries and fields, Photocall
Call records : Ya
Internal : 16 GB storage, 512 MB RAM
Card slot : Tidak

Data
GPRS : Class 33
EDGE : Class 33
3G : HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
WLAN : Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth : Ya, v2.1 with A2DP, EDR
Infrared port : Tidak
USB : Ya, microUSB v2.0

Kamera
Primer (Belakang) : 8 MP, 3264x2448 pixels, Carl Zeiss optics, autofocus, dual-LED flash
Fitur : Geo-tagging
Video : Ya, 720p@30fps
Sekunder/Video Call (Depan) : Tidak

Fitur
OS : Microsoft Windows Phone 7.5 Mango
CPU : 1.4 GHz Scorpion processor, Adreno 205 GPU, Qualcomm MSM8255 Snapdragon chipset, 3D Graphics HW Acce
Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser : WAP 2.0/xHTML, HTML5, RSS feeds
Radio : Stereo FM radio with RDS
Games : Yes + downloadable
Colors : Black, Cyan, Magenta
GPS : Yes, with A-GPS support
Java : No
- MicroSIM card support only
- SNS integration
- Active noise cancellation with dedicated mic
- Digital compass
- MP3/WAV/eAAC+/WMA player
- MP4/H.264/H.263/WMV player
- Document viewer
- Video/photo editor
- Voice memo/command/dial
- Predictive text input

Battery
Standard battery, Li-Ion 1450 mAh (BV-5JW)
Stand-by : Hingga 265 jam (2G) / Up to 335 jam (3G)
Talk time : Hingga 13 jam (2G) / Hingga 9 jam 30 menit (3G)

Test Fitur Nokia Lumia 800
Inilah beberapa fitur andalan Nokia Lumia 800 yang bakal bersaing dengan smartphone lainnya.

Start Screen
Windows Phone menyebut tampilan menu awal dengan StartScreen. Pada StartScreen anda dapat membuat shortcut (pin) seseorang, atau group sehingga lebih cepat dan mudah untuk mengaksesnya. Anda dapat mem-pin apa saja di StartScreen. Tinggal tahan jari anda pada sebuah aplikasi apa saja yang akan dimasukkan pada StartScreen, sampai menu dengan “Pin to Start” muncul.

Groups
Groups merupakan sebuah standard supaya orang-orang saling terhubung (people hub). Group yang dibuat dapat di pin di StartScreen sehingga akan tampil sebagai sebuah kontak. Anda dapat melihat foto profil, panggilan tak terjawab dan update status dari siapapun pada group tersebut. Jika ingin membuat kontak terpisah, anda dapat menambahkan nada dering khusus pada group atau kontak.

People Hub
Anda dapat memilih kontak yang ingin dilihat di bagian what’s new section. Dari situ anda dapat melihat Tweets terbaru atau berita status di Facebook. Anda juga dapat mensortir orang/kontak dengan saring daftar kontak anda di akun email atau media social yang ingin anda lihat updatenya.

Aplikasi Transfer Kontak
Ada menu yang memungkinkan anda dengan cepat mentransfer kontak dari telepon lama anda ke Lumia melalui bluetooth.

Camera
Mengambil gambar dapat dilakukan hanya dengan menyentuh tombol kamera tanpa perlu membuka (unlock) untuk menggunakan fitur kamera. Setelah mengambil gambar, dapat langsung diposting ke Facebook atau jejaring lainnya. Lensa optik Carl Zeiss beresolusi 8 MP ber auto fokus membuat gambar yang diambil sangat tajam.

Aktivasi Menggunakan Suara
Dengan suara, anda dapat melakukan panggilan, mengecek kalender, atau mendikte tulisan pesan atau bahkan pencarian online.

Memanage Multitasking
Dengan multitasking anda dapat membuka berbagai aplikasi dalam waktu yang sama.

Profile
Profil Secara otomatis langsung terhubung ke facebook dan menggunakan gambar default profil facebook anda.

Browser
Jika anda sering mengunjungi salah satu halaman, maka halaman tersebut secara otomatis akan ditandai sebagai favorit. Anda juga secara manual dapat menambah halaman favorit.

Search By Bing
Mesin pencari yang digunakan adalah Bing.

App Highlights, dll

Berminat memiliki hape ini ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...