13 Okt 2015

Asal Usul Gelar Nama Haji

Musim haji 2015 baru saja usai. Masing-masing jemaah sudah mulai meninggalkan tempat haji dan siap kembali ke Tanah Air. Meskipun sempat diselimuti tragedi duka yang mendalam, ibadah haji akan selalu menjadi keinginan, khususnya bagi muslim yang mampu.

Tapi pernahkah kita berpikir, sekembalinya ke Tanah Air mengapa lantas gelar haji menjadi nama depan mereka? Bahkan ada yang sengaja menulis nama haji di dokumen penting seperti KTP, KK, SIM, dan sebagainya. Konon katanya, pemakaian gelar haji menjadi nama depan hanya ada di Indonesia. Ya, Indonesia. Pertanyaan berikutnya adalah, sejak kapan?

Dahulu, orang Indonesia sekalipun melakukan ibadah haji, tidak dipanggil haji. Misalnya, pahlawan-pahlawan besar seperti Pangeran Diponegoro tidak dipanggil Haji Diponegoro. Kiai Mojo juga tidak dipanggil Kia Haji Mojo. Imam Bonjol tidak dipanggil Haji Imam Bonjol.

Usut punya usut, konon kebiasaan menggunakan gelar haji muncul pada zaman penjajahan kolonial Belanda. Pemakaian gelar haji, tepatnya ditengarai sejak adanya perlawanan umat Islam di Nusantara. Pada waktu itu, setiap pemberontakan selalu dipelopori oleh seorang guru, ulama, dan haji.

Para kolonialis akhirnya jengah, karena setiap ada warga pribumi pulang dari tanah suci Mekah selalu terjadi pemberontakan. Untuk memudahkan pengawasan, pada 1916, penjajah mengeluarkan keputusan Ordonansi Haji, yaitu setiap orang yang pulang dari haji, wajib menggunakan gelar “haji” di depan namanya. Tujuannya jelas, agar pelaku pemberontakan mudah diidentifikasi oleh Belanda. 

Namun penambahan nama "haji" tidak berhenti sampai penjajahan kolonial saja, namun berlanjut saat kemerdekaan hingga sekarang ini. Gelar haji bukan lagi jadi penanda oleh kolonialis, namun berubah fungsi menjadi penanda orang sudah menunaikan ibadah haji, sebagai pembeda strata sosial.

Apa kabar pak Haji? Sudahkah anda berbuat baik hari ini?

1 komentar:

  1. Halo, nama saya Setiabudi, saya telah ditipu 8 Juta karena aku butuh modal besar dari 40 Juta, bisnis saya hancur sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya dan suami saya ke Mrs Alexandra yang akhirnya membantu kami mendapatkan pinjaman dalam dirinya perusahaan, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan.

    alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,

    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com informasi atau saran yang perlu Anda ketahui.
    Harap bijaksana.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...