26 Jul 2011

92? Nakkeji!

92? Nakkeji!


Sembilan Dua? Maaf, ini bukan soal jumlah korban tragedi penembakan di Norwegia. Walaupun saya dan dunia berkabung, namun ini hanya soal Bahasa Makassar. Pernah lihat ungkapan atau istilah [92?] ini di Makassar? Saya pernah melihatnya di sebuah sticker yang tertempel di belakang sebuah mobil. Awalnya karena bingung, saya tanya teman apa maksudnya? Jawabnya, ternyata 92 sekedar istilah iseng.



Dalam bahasa Makassar, kata tanya yang menanyakan orang atau sesuatu bisa dalam kata :

Nai = Siapa
Antu / Intu = Itu

Nai Antu atau Nai Intu yang berarti siapa itu
Dalam keseharian, kedua kata ini langsung bersambung saja menjadi Naintu?
Agar lebih “keren”, kata ini kemudian dipelesetkan menjadi 92 atau ninetwo (bukan sembilan dua)

Nah, tuntas soal 92.

92? = Ninetwo? = Naintu? = Siapa itu?

Nakkeji, dalam bahasa Indonesia berarti Saya saja.

Nakke = Saya
Jie / Ji = Saja

Sehingga, arti sesungguhnya mengenai 92? Nakkeji! adalah Siapa itu? Saya saja / hanya saya.

ahhhh... Nda' penting!!!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...