26 Jul 2011

Ensiklopedia (Berbahasa) Bugis


Iseng-iseng saya membuka situs wikipedia. Banyak informasi yang berserakan disana, namanya juga ensiklopedi online. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah wikipedia berbahasa bugis. Saya klik, terbuka, dan benar halamannya berbahasa bugis.


Di paragraf awal saya menemukan kalimat "Mari jadikan tahun 2011 sebagai tahun untuk Wikipedia Basa Ugi berhasil dapat 30.000 artikel pada akhir tahun ini dan terima kasih karena memajukan wikipedia ini". Sayang, halaman awalnya belum berisi artikel apapun. Namun tetap saja saya terkagum-kagum dengan halaman awal ini. Bangga dan lucu berbaur, bangga karena bahasa bugis telah me-wikipedia, dan tertawa sendiri membaca tulisan bugis, teringat jaman nenek saya dulu.

Wikipedia bahasa Bugis adalah versi bahasa Bugis ensiklopedia online Wikipedia. Wikipedia bahasa Bugis umumnya mengikuti peraturan-peraturan dasar Wikipedia bahasa Indonesia. Sebagian isi Wikipedia ini menggunakan aksara Lontara, sedangkan sebagian lainnya aksara Latin. [facebook]

Salut buat wikipedia yang sangat concern terhadap budaya lokal, harapan saya kedepannya agar target 30.000 artikel berbahasa bugis dapat terwujud akhir tahun ini, sehingga menambah khasanah pengetahuan kita terhadap budaya lokal, khususnya bahasa bugis. Harapan selanjutnya, menunggu wikipedia melaunching bahasa makassar sebagai salah satu pilihan bahasa selain bahasa bugis dan bahasa suku lain di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...