10 Feb 2012

Daftar Gaji Pegawai Bank Indonesia 2012



Beberapa hari ini tersiar kabar bahwa gaji pegawai Bank Indonesia dinaikkan. Wow.. Gaji sudah tinggi masih dinaikkan. Saya iri? sudah pasti! Gaji saya sebagai PNS begitu-begitu saja. Walaupun gaji PNS tiap tahun naik, tidak berkontribusi besar terhadap peningkatan kekayaan saya. Walaupun gaji naik sekitar 10% per tahun, barang kebutuhan pokok juga ikut terdongkrak naik, bahkan sebelum kenaikan tersebut diterima PNS. Padahal, risiko pekerjaan saya sebagai seorang epidemiolog tergolong tinggi, vis a vis dengan berbagai penyakit menular, agar tidak mewabah. Bandingkan dengan pegawai Bank (Indonesia) yang entah bagaimana risikonya, mungkin kesalahan sedikit saja akan membuat Bank kolaps, bankrut, rakyat menjadi miskin. Iri iyya, dengki? tidaklah, saya hanya bisa protes dari dalam hati.

Membayangkan gaji pegawai Bank Indonesia? saya tak sanggup. Pegawai Bank Swasta atau BUMN saja mengalahkan gaji saya, apalagi pegawai BI yang merupakan Bank nya Bank. Teringat teman saya yang bekerja di Bank Pembangunan Daerah, sebagai karyawan tetap, masih bermimpi suatu saat bisa bekerja di Bank Indonesia.

Menurut berita, semua pegawai Bank Indonesia akhirnya mendapat kenaikan gaji sebesar 3 persen, karena kinerja karyawan BI yang berhasil menaikan perekonomian Indonesia (katanya, walaupun menurut saya perekonomian makro yang tampaknya meningkat, ekonomi mikro Indonesia jalan ditempat). Kenaikan gaji para karyawan BI disebut Cost Of Living Adjustment (COLA). Dalam COLA, kenaikan gaji karyawan BI bisa mencapai 10 persen, jika karyawan bekerja lebih maksimal akan ditambahkan. Jadi kenaikan gaji tersebut diberikan berdasarkan prestasi. Dasarnya 3 persen, tapi kalau kerjanya bagus bisa ditambah 7 persen. 


Berikut data yang dihimpun untuk gaji karyawan BI pada tahun 2011 sebelum mendapat COLA dan setelah mendapat COLA pada tahun 2012 ini. 
  • Gubernur BI Rp 153,9 juta menjadi Rp 158,5 Juta (Naik 5 jutaan)
  • Deputi Gubernur Senior Rp 109,7 juta menjadi Rp 164,6 juta 
  • Deputi Gubernur Rp 96,8 juta menjadi Rp 115,2 juta 
  • Direktur BI Rp 50,2 juta menjadi Rp 72,3 juta 
  • Deputi Direktur BI Rp 36,1 juta menjadi Rp 47,4 juta 
  • Kepala Bagian BI Rp 25,9 menjadi Rp 38,6 juta 
  • Deputi Kepala Bagian BI Rp 18,9 juta hingga 28,9 juta. 
  • Kepala Seksi BI Rp 12,8 juta menjadi Rp 22,9 juta 
  • Staf BI Rp 6,1 juta menjadi Rp 15,3 juta 
  • Pegawai Tata Usaha BI Rp 3,7 juta menjadi Rp 10,9 juta 
  • Pegawai dasar BI Rp 2,7 juta menjadi Rp 5,2 juta.
Dari daftar tersebut,  gaji PNS saya (golongan 3) berada di bawah gaji pegawai dasar BI. Melihat ini, pantas saja banyak berlomba-lomba menjadi Deputi Gubernur Senior BI. Kalau pegawai BI masih korupsi? Keterlaluan!!! Mudah-mudahan iman saya kuat untuk tidak korupsi (apa juga yang mau di korupsi? tidak ada!)

Mau gaji selangit? Jadilah pegawai Bank Indonesia

Gambar: Tampak depan gedung Bank Indonesia di Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...