2 Apr 2012

Award Blog Pertama? Mungkin

"A Blog award is an award for the best blog in a given category. Some blog awards are based on a public vote and others are based on a fixed set of criteria applied by a panel of judges. Various organizations have started blog awards with varying degrees of success. Some have become defunct." (wikipedia)
Namun award yang umum disini (Indonesia) adalah tidak berbentuk demikian. Bukan award untuk blog terbaik (seperti grammy award untuk musik dan lagu terbaik, -pen-) yang menyertakan piala berupa fisik dan disertai uang atau hadiah lainnya. Award Blog yang umum adalah suatu pemberian dari blogger lain berupa gambar atau suatu link. Tujuan pemberian award ini adalah  meningkatkan traffic blog, ajang pertukaran tautan, ajang silaturahim antar blogger, serta perhatian, persahabatan, dukungan, dan solidaritas antar blogger.

Pemberian award ini sesuai dengan pertimbangan masing-masng pemberi award. Biasanya yang paling menginspirasi sebuah blog, atau paling banyak berinteraksi dengan blog tersebut (misalnya paling banyak komentar).

Lantas siapakah pencetus award untuk blogger?  Dari mana awal ide award blog ini?

Huldas Verden (Hulda's World?). Seorang wanita Norwegia, pecinta bunga dan interior bergaya romantic-shabby chic. Dia membuat logonya dari kertas dan pita, dan memberikan pada 4 orang temannya di dunia crafting, dan 3 orang di dunia interior, dan meminta mereka meneruskannya. Mungkin tidak terbayang sama dia kalau sampai 3 bulan berikutnya award buatannya masih diteruskan, estafet ke ribuan blogger kreatif di berbagai bidang.  

Disinikah award blog berawal? Mungkin saja.

Biasanya, award ini berupa link yang kemudian diteruskan lagi ke blogger lain, begitu seterusnya hingga award tersebut berhenti sendiri, putus sendiri karena bosan atau sampai di blogger selebritis yang tak menghiraukan award blog.

Setelah sekian lama, akhirnya blog ini akhirnya dapat award. Award ini saya dapat dari blog gamazoe, award buat blogger manis katanya. Saya suka award ini karena tanpa harus meneruskannya lagi (dengan konsekuensi tidak mendapatkan link tentunya). Berikut ini saya pajang awardnya. Terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...