8 Feb 2013

Apapun, Bank Mandiri Saja

Blog Kontes Bank Mandiri 

Teringat tahun 1998 yang lalu -saat saya lulus SMP-, setelah Orde Baru jatuh, berjatuhanlah ekonomi di hampir seluruh negara Asia. Tak terkecuali Indonesia. Melejitnya nilai tukar dollar dan gagal bayarnya beberapa bank atas permintaan dana nasabahnya membuat jatuh bangkrut beberapa bank. Sungguh bagai kiamat bagi perekonomian negara ini. Masyarakat (termasuk saya yang masih hijau dalam dunia ekonomi -masih SMP) tidak percaya akan kredibilitas bank sebagai penampung dana Rakyat. Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, dan Bank Pembangunan Indonesia pun di merger ke dalam bank baru, Bank Mandiri pada bulan Juli 1999, setelah dibentuk pada tanggal 2 Oktober 1998.

Awalnya, saya tidak percaya bank baru ini tak akan bertahan. Lihat saja slogannya "Bank Terpercaya Pilihan Anda", seakan bank lain tidak dapat dipercaya, yang menurut saya hanya jualan yang belum terbukti. Namun kini setelah 14 tahun berlalu, bank Mandiri ternyata tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Dalam rentang waktu tersebut, slogan bank Mandiri pun berubah sesuai sejarah bangsa ini. "Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank" (2003-2004), "Melayani Dengan Hati, Menuju Yang Terbaik" (2005-2007), "Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda" (2008-2009), "Menembus Batas Keinginan" (2009-2010), "Menjawab Setiap Keinginan" (2010-2012), hingga hari ini "Apapun Keinginan Anda, Mandiri Saja".

Salah satu pencapaian penting Bank Mandiri adalah penggantian secara menyeluruh platform teknologi. Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat "legacy banks". Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program penggantian platform yang berlangsung selama tiga tahun, dimana program pengganti tersebut difokuskan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen "retail banking". Pada saat ini, infrastruktur teknologi informasi Bank Mandiri sudah mampu melakukan pengembangan "e-channel" dan produk retail dengan "Time to Market" yang lebih baik.


Kini, Bank Mandiri tumbuh sebagai pionir bank di Indonesia. Lihat saja keluaran Bank Mandiri, yaitu mantan Dirutnya yang kini menjadi Menteri Keuangan, Agus Martowardoyo, menegaskan kepada masyarakat kualitas Bank Mandiri. Beberapa bank lain seakan menjadi pengekor kesuksesan Bank Mandiri.

Terlepas dari itu semua ada beberapa produk bank Mandiri yang menarik perhatian saya antara lain.

Tabungan Rencana Mandiri (TRM). 
Tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan Anda ekstra perlindungan Asuransi. Keuntungannya antara lain :
  • Kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10,-per bulan. 
  • Anda dapat menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan. 
  • Jangka waktu yang fleksibel (1 thn 20 thn). 
  • Perlindungan Asuransi gratis (Bank Mandiri bekerjasama dengan PT. AXA Mandiri Financial Services memberikan perlindungan asuransi bagi penabung hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung). 
  • Konsultasi gratis dengan Customer Service professional kami. Suku bunga MTR diatas suku bunga tertinggi Mandiri Tabungan
Mandiri KPR.
Mandiri KPR adalah kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer atau non developer.
Mandiri KPR memiliki beragam fitur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu :
  • Mandiri KPR Duo adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko dengan kondisi baru di proyek developer sekaligus pembelian mobil/motor/furniture/home appliances. 
  • Mandiri KPR Take Over adalah adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk pemindahan fasilitas kredit sejenis dari bank lain dan dapatkan dana tambahan untuk berbagai keperluan konsumtif. 
  • Mandiri KPR Top Up adalah penambahan limit kredit atas fasilitas Mandiri KPR yang sudah berjalan (existing). 
  • Mandiri KPR Flexible adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/ruko/rukan/apartemen dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel yaitu tersedianya rekening flexible (revolving) selama jangka waktu tertentu atas sebagian tertentu dari limit kredit yang diperoleh. 
  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan hanya untuk keperluan pembelian rumah yang memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke 3 sehingga pada tahun ke 4 angsuran kembali normal.
     
Mandiri Kredit Modal Kerja.
Adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory/piutang/proyek atau kebutuhan khusus lainnya. Limit kredit diatas Rp 100 juta s.d Rp 10 Miliar Kredit dapat diberikan dalam valuta Rupiah Jangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang Sifat kredit revolving atau non revolving. Cukup dengan kartu identitas dan legalitas usaha, anda dapat memiliki fasilitas ini.
    Mandiri Kredit Tanpa Agunan (KTA).
    Mandiri Kredit Tanpa Agunan adalah kredit perorangan tanpa agunan dari Bank Mandiri untuk berbagai keperluan, yang diberikan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan.
    Kelebihan Mandiri KTA antara lain:
    • Tanpa Agunan 
    • Cicilan Ringan 
    • Limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta 
    • Jangka waktu kredit disediakan dalam 5 pilihan 
    • Perlindungan Asuransi Jiwa.


    Itulah beberapa fitur produk Bank Mandiri dari sekian banyak produk Bank Mandiri. Apapun, Bank Mandiri Saja. Semoga bermanfaat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...