22 Feb 2013

Blogger Kreatif bin Inspiratif

Ada beberapa blogger yang menurut saya kreatif dan inspiratif, mempengaruhi alur pemikiran saya dalam dunia blog. Beberapa dari blogger tersebut adalah :

Asri Tadda
Orang --walaupun secara tidak langsung-- yang paling bertanggung jawab membuat saya mengenal blog dan jatuh ke dalam jurang perblogan, dan kecanduan!  Saya lupa kapan tepatnya, yang jelas saya mengenal blog sejak kuliah dulu, sekitar tahun 2005-an. Asta (panggilan akrab Asri Tadda) menulis "sesuatu" di mading kampus dan menyertakan sebuah "link" di bawah tulisannya, astaqauliyah[dot]blogspot[dot]com kalau tidak salah. Saya lalu tertarik membuka "link" tersebut, dan ternyata itu adalah blog pertama beliau (setahu saya). Dari situlah saya tahu kalau ada yang namanya "blog", orang pribadi pun bisa membuat situs pribadi, bukan hanya perusahaan besar. Walaupun kagum dengan pandangan pertama, saya tidak serta merta membuat blog, karena rumitnya --membuat blog-- minta ampun. Ada teman yang minat ngeblog saat itu sampai rela membeli buku tutorial membuat blog. Namun butuh kode-kode tertentu untuk membuat sebuah blog (semacam kode html) yang membuat saya menyerah membuat blog. Namun karena ketekunan, Asri Tadda melanjutkan ngeblog, sambil jadi penulis lepas pada salah satu surat kabar lokal.

Asri Tadda sebenarnya adalah senior saya saat SMA, beliau terkenal baik hati, alim, dan supel (saya sebut alim karena beliau adalah ketua remaja masjid di sekolah). Tak banyak interaksi antara kami saat SMA, maklum beliau seleb sekolah dan saya adalah rakyat biasa. Interaksi antara kami kemudian mulai hadir saat beliau kuliah di Fakultas Kedokteran dan saya kuliah di samping Fakultas Kedokteran. Kami semakin intens "berhubungan" karena kami masuk satu organisasi mahasiswa yang sama. Beliau adalah senior saya dalam organisasi ini, walaupun tidak satu kampus. Asri Tadda adalah ketua organisasi Islam tersebut, dan beliau giat-giatnya menulis essai dan opini saat itu, di kampus, dunia online, maupun koran.

Saya tidak tahu banyak mengenai aktivitas blog beliau saat itu, namun jelang aktif lagi menulis di blog tahun 2010-an lalu, saya jadi tahu kalau beliau memilih aktif di dunia blogging, dan memutuskan berhenti kuliah gara-gara blog. Beliau kini membuka dan mengelola "sekolah blogging", yang saya yakin banyak sudah penghasilan yang beliau peroleh dari blogging. Asri Tadda bahkan sempat meraih penghargaan sebagai pemenang kedua tingkat nasional kategori pengusaha muda Mandiri dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2008. Ini merupakan ajang tahunan yang diadakan PT Bank Mandiri Tbk untuk mendorong wirausaha di kalangan anak muda. Anda dapat mengunjungi blog pribadinya disini, ataupun membaca profilnya suksesnya disini.


Singkatnya, Asri Tadda menginspirasi saya karena mengenalkan blog (walaupun secara tidak langsung), membatalkan jadi dokter dan memilih dunia blogging, dan seorang blogpreneur yang sukses.

Syaifullah Daeng Gassing
Sebenarnya saya tidak banyak tahu keseharian Daeng Gassing, nama panggilan beliau di dunia maya. Walaupun tak pernah ketemu muka, saya kagum dengan tulisan dan pemikiran beliau. Yang saya tahu adalah, beliau adalah ketua komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri. Tulisan-tulisan inspiratif beliau di blog pribadinya membuat saya iri. Alur bercerita khas daenggassing, jauh diatas saya yang hanya bisa copy paste. Saya tidak tahu juga mengenai bisnis beliau di dunia online, namun banyaknya ajang kopi dara blogger yang beliau tampil sebagai pembicara di dalamnya sudah membuktikan kalau beliau adalah blogger profesional, kreatif, dan inspiratif.

Inspirasi ngeblog dari daenggassing adalah : be yourself, jadilah diri sendiri.

Budi Rahardjo
Sama seperti daenggassing, saya tak mengenal Budi Rahardjo selain di beberapa blognya. Budi Rahardjo mempunyai lebih dari belasan blog dengan domain yang berbeda. Dia merupakan blogger Indonesia dengan kemampuan teknologi yang tidak diragukan lagi, wajar karena beliau adalah seorang dosen, Staf pengajar di Departemen Teknik Elektro ITB. Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri dan Teknologi Informasi (PPP ITI) Institut Teknologi Bandung, dan juga Chief Information Officer dari PT INDO CISC, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengamanan data (security). Dr. Budi Rahardjo juga merupakan direktur teknis dari berbagai perusahaan IT seperti PT Insan Infonesia, PT Sumber Daya Telematika Indonesia, dan PT Work IT Out. Koordinator IDNIC (pengelola domain ID). Kini, di sela kesibukannya sebagai blogger dan mengajar, pria kelahiran Yogyakarta, 20 Oktober 1962 ini juga aktif menelurkan jurnal-jurnal ilmiah. Selain itu, ia masih memiliki wewenang penuh pada perusahaan security jaringan yang dibangunnya, Indo Cisc dan Insan Indonesia. Dari banyaknya "pekerjaan" tersebut, saya tahu beliau lebih terkenal di dunia offline daripada dunia online. Blog beliau di rahard[dot]wordpress[dot]com sederhana namun memberi inspirasi ngeblog bagi saya, hampir tiap hari. Profil beliau dapat dilihat disini.

Inspirasi ngeblog dari rahard adalah : jadilah diri sendiri, dan konsisten menulis tiap hari.

Antyo Rentjoko
Beliau adalah blogger inspiratif saya. Tulisannya di blog mengalir bagai air, membuat tak bosan membaca tulisannya sampai akhir, meskipun saya tidak pernah ketemu muka juga dengan  beliau. Antyo Rentjoko akrab disapa Paman Tyo adalah seorang blogger yang mempunyai beberapa blog. Tulisan utamanya berada di blogombal.org. Beliau juga salah satu pendiri dagdigdug.com. Hampir semua tulisannya yang terserak sudah teragregasikan di antyo.rentjoko.net. Blog gombal yang dimiliki Antyo diakui sebagai blog berbahasa Indonesia terbaik, di BOBs (Best Of the Blogs) Award di Bonn, Jerman. Kekuatan blog Antyo, dinikmati oleh pembaca dengan rentan umur 16-60 tahun. Berbagai gabungan konten, dari sejarah, politik dan masalah sosial, yang menampilkan cerita sehari-hari sering diabaikan oleh media mainstream. Banyak yang mendaulat Paman Tyo sebagai begawan blog Indonesia. Sosok beliau menurut saya masih misterius, pun jika diperlihatkan sosok plontos di blonya, saya belum yakin itu penampakan asli beliau. Dan yang paling penting lagi adalah, beliau adalah sosok yang egaliter, saya tidak tahu pasti apa agama beliau dari postingan-postingannya, saking egaliternya. Ada blog beliau yang sungguh unik dengan hanya menampilkan 69 kata per postingan disini. Profil beliau dapat dilihat disini.

Inspirasi ngeblog dari Paman Tyo adalah : jadilah diri sendiri, buat konten blog unik dan kreatif.

Munir Ardi
Beliau adalah seorang guru SMP di Kabupaten Pinrang. Tak banyak yang saya tahu dari sosok beliau karena tak pernah ketemu muka. Blog beliau di smp3lembang.blogspot.com jadi awal penyemangat saya saat mulai aktif ngeblog tahun 2010-an lalu. Beliau mengelola beberapa blog yang sudah menghasilkan uang. Baru-baru ini diundang oleh komunitas blogger Malaysia dalam temu blogger sebagai tamu.

Inspirasi ngeblog dari Munir Ardi adalah : jadilah diri sendiri, jangan menyerah ngeblog.

Itulah beberapa blogger kreatif yang menginspirasi saya, membuat saya mengenal blog dan semnagat ngeblog sampai hari ini. Masih banyak blogger inspiratif yang lain, namun inilah yang paling menginspirasi. Pesan utama dari semua blog ini adalah, Jadilah Diri Sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...