16 Mar 2013

Mengatasi Link Mati pada Blog

Blog ini telah mengalami perkembangan, mulai dari ganti nama domain, hingga ekspor-impor tulisan. Masalah kemudian muncul karena kebanyakan link kedalam yang terpasang dalam postingan yang menghubungkan antar postingan menjadi tidak valid karena berganti nama domain tadi. Mungkin kebanyakan dari Anda tidak terlalu peduli dengan link mati, namun tidak dengan saya. Saya menggunakan brokenlinkcheck[dot]com untuk mengatasi link mati ini. brokenlinkcheck[dot]com adalah online gratis web-situs validator / integritas checker / masalah deteksi alat yang dapat memeriksa halaman web untuk link yang rusak / mati, memvalidasi, menemukan, dan melaporkan hyperlink buruk jika ada ditemukan.

Mengapa memiliki weblinks rusak begitu buruk? Hyperlink mati di website tidak hanya mengganggu, keberadaan link mati dapat menyebabkan beberapa kerusakan nyata untuk bisnis online Anda serta reputasi Anda di Internet! Karena itu sebuah situs web atau blog dapat:
  • Kehilangan sebagian dari basis pelanggan yang sudah ada (pengunjung dan konsumen setia cepat atau lambat akan merasa frustrasi dan tidak pernah datang kembali) 
  • Mendapatkan masalah pada pelanggan baru (karena orang-orang yang mengklik weblinks mati tidak akan menemukan hal-hal / halaman yang mereka cari). 
  • Merusak reputasi online (sebagian besar pelanggan online menganggap hyperlink mati tidak merasa dihormati oleh pemilik situs tersebut) 
  • Berdampak negatif pada peringkat situs Anda. Dengan mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, Bing dll Semua masalah itu sangat serius sehingga menurunkan posisi situs di mesin pencari tersebut.
Dengan pertumbuhan konten situs web, maka semakin sulit untuk mengelola keterhubungan antara halaman web individu dan melacak hyperlink dalam sebuah situs. Sayangnya tidak ada alat yang sempurna, yang dapat menghapus sekaligus link mati tersebut atau mengalihkannya ke link yang dikehendaki. Tidakkah Anda berpikir bahwa perkembangan waktu menyebabkan beberapa hyperlink menjadi usang, basi, menggantung, dan mati karena mereka tidak mengarah ke halaman yang masih berlaku, dan web-pengguna akan mendapatkan kode respon 404 (Ditemukan kesalahan, Halaman tidak dikenal) atau HTTP gagal lainnya. Sistem manajemen konten modern (Misalnya Joomla!) dapat memperburuk masalah bahkan lebih dengan mereplikasi weblinks mati sehingga pengunjung mendapatkan kesalahan 404 yang lebih sering. Eksternal link lebih buruk lagi, website luar dapat dengan seenaknya mengubah lokasi situs atau domainnya, atau sudah expired dan dijual tanpa memberitahukan kita sebagai pemasang link.


Ada beberapa penyebab terjadinya broken link pada sebuah situs atau blog, diantaranya;
  • Kurang teliti saat membuat hyperlink pada sebuah konten. Pengetikan link secara manual atau kurang teliti saat membuat link antar halaman atau memasukkan link external kedalam sebuah konten (hyperlink), adalah salah satu penyebabnya. 
  • Mengganti template blog. Mengganti template biasanya dilakukan untuk penyegaran atau menyesuaikan template dengan tema blog, seiring dengan perkembangan dunia bloging yang dinamis. Broken link sering terjadi saat mengganti template terutama link untuk static page. Upayakan untuk melakukan pengecekan broken link setelah selesai mengganti template blog. 
  • Menghapus halaman atau artikel yang sudah usang. Seiring pertumbuhan dan perkembangan sebuah blog, terkadang banyak artikel atau halaman yang isinya mungkin sudah tidak berlaku. Jika Anda menghapus halaman ini, ada kemungkinan akan terjadi broken link, terutama jika halaman ini memiliki link dengan halaman lainnya.
Untuk mendeteksi broken link yang mungkin terjadi pada blog yang sedang kita manage, dibutuhkan tools tersendiri, karena untuk mengecek satu per satu konten blog rasanya tidak mungkin, apalagi untuk blog dengan usia yang sudah cukup lama serta halaman yang dipublikasikan sudah mencapai ratusan bahkan ribuan, ini sungguh mustahil.Namun saya belum mendapatkan tool gratisnya, semuanya berbayar.
Cara mudah mengatasi link mati adalah dengan terlebih dahulu menemukan link mati tersebut kemudian menghapusnya atau menggantinya ke link yang sesuai. Sebagaimana mengatasi link mati di blog ini, saya mendeteksinya dengan brokenlinkcheck[dot]com kemudian membuka dan mengedit satu persatu postingan. Memang agak merepotkan, tapi itulah yang harus dilakukan daripada blog ini semakin tidak disenangi mesin pencari dan pengunjung. Selamat mencoba, mari menghidupkan kembali link mati!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...