12 Jan 2011

Logika : Pada Hari Apa Percakapan Terjadi







Inilah pertanyaan atau teka-teki yang beberapa hari lalu membingungkan saya.


SOAL :
BADU selalu berbohong pada hari senin, selasa, rabu dan berkata jujur pada hari-hari lainnya. Dilain pihak CACA selalu berbohong pada hari kamis, jum'at, sabtu dan berkata jujur pada hari-hari lainnya. Pada suatu hari terjadi percakapan sebagai berikut :
BADU : "kemarin saya berbohong"
CACA : "Saya juga"
Pada hari apa percakapan terjadi ?



Jika dilihat sepintas, sepertinya tak ada jawaban untuk pertanyaan ini. Sebelum melihat kunci jawaban, silahkan temans jawab sendiri terlebih dahulu untuk menguji kesabaran dan logika temans.
Kalau belum dapat juga, silahkan nyontek jawaban berikut.

JAWAB :
BADU mengatakan: "kemarin saya berbohong". Jika terjadi pada hari senin, berarti BADU mengatakan "Hari minggu saya berbohong". Kita tahu bahwa hari minggu dia berkata jujur. Namun karena dikatakan dalam hari senin (dia sedang berbohong) maka nilainya adalah benar.
Sedangkan nilai percakan CACA pada hari senin, bernilai salah. Karena pada hari senin dia harusnya jujur, harusnya dia mengatakan " kemarin saya jujur", karena memang pada hari minggu dia jujur. Begitupun dengan nilai kebenaran pada hari-hari berikutnya.
Sehingga kita mendapatkan bahwa percakapan itu terjadi pada hari kamis, dimana nilai percakapan keduanya bernilai benar.

Masih Bingung ?
Coba langsung ambil hari kamis dan kalimatnya di "perjelas"
BADU : "kemarin (hari rabu) saya bohong"
---> Badu Jujur karena memang rabu dia bohong dan kamis memang dia berkata jujur --> pernyataan benar
CACA : "kemarin (hari rabu) saya bohong"
---> Caca Bohong karena tiap kamis dia memang berkata bohong
--> pernyataan benar
Karena nilai percakapan keduanya benar, maka percakapan terjadi di hari kamis. Tidak ada hari lain yang mengandung percakapan keduanya bernilai benar di hari yang sama selain hari kamis.

Masih bingung juga ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...