4 Jan 2011

Pikir Beberapa Kali Sebelum Ambil Kredit



Apakah anda membutuhkan uang? Pertanyaan bodoh, tentunya semua membutuhkan, tepatnya mau uang apalagi gratis. Namun, tentunya tak ada yang gratis di dunia ini, termasuk uang, butuh pengorbanan (tepatnya pertukaran yang sebanding) untuk mendapatkan uang.

Selain bekerja, meminjam uang adalah cara instan mendapatkan uang. Baik itu di bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Baru-baru ini, tepatnya akhir Desember 2010 saya mengajukan kredit di bank (sebutlah BRI,hahaha...bukan samaran lagi yah... Maaf< saya terlampau jujur), saya hanya ingin berbagi pengalaman dalam proses pinjam-meminjam uang di bank, siapa tahu anda berminat, alih-alih jadi pengalaman berharga.

Saya berniat meminjam uang karena kebutuhan yang bisa dikatakan sudah akan sangat mendesak (tak usahlah saya sebutkan secara detail kebutuhan saya tersebut, hal positif koq). Sebelum menjadi sangat mendesak, saya mesti menyiapkan uang ini. Tak banyak sih, "cuma" 15 juta rupiah. Untuk itu, saya mempunyai beberapa opsi untuk mendapatkan uang ini antara lain :

#1. Menjual motor. Sepertinya batal, karena nilai historis motor kesayangan, saya
tidak sanggup menilainya secara ekonomi. Orang lain mungkin menghargai Honda Supra X 125 butut saya paling mahal senilai 7 juta rupiah. Selain tak mencukupi setengah dari kebutuhan, saya masih sayang motor saya tersebut, banyak kenangan manis dan pahit yang telah kami lalui bersama. Ahahaha...

#2 Gadaikan motor. Masih dipertimbangkan seandainya sudah sangat mendesak. Beratnya saya menggadaikan motor adalah selain dihargai murah (paling tinggi perusahaan pembiayaan menghargai motor saya sekira 5 juta rupiah), bunga pinjaman "titip BPKB" terbilang sangat tinggi. Bunganya paling rendah 3,5 persen perbulan dalam jangka waktu setahun.

#3. Menagih utang. Jangan dulu dah, belum tega sayanyah.

#4. Pinjam di bank. Nah inilah yang saya jalani "kemarin". Opsi pinjam uang di bank diinformasikan oleh teman. Mumpung akhir tahun, semua pengajuan kredit (di BRI) dimudahkan, katanya target 2010 belum tercapai. Benar saja, administrasi pengajuan kredit saya tidak dipersulit. Cukup sehari saya urus, dana saya sudah bisa cair.

Sebelumnya, sebenarnya ada beberapa opsi tempat meminjam uang antara lain BPD SulSel, Hasamitra, dan BRI itu sendiri. Pertimbangan untuk ketiga pilihan ini antara lain :

#1. Banyak keluhan konsumen tentang kredit di BPD. Bunga tinggi dan sulit melunasi sebelum batas waktu kredit. Bayangkan saja, ada teman saya yang meminjam uang 30 juta, dia telah mengangsur selama 8 bulan namun untuk melunasi sisanya dia mesti tebus senilai 31 juta rupiah. Sangat tidak masuk akal dan mengusik batin saya. Ini bagian terselubung dari Lintah Darat, batin saya.

#2. Pinjam uang di Hasamitra lumayan murah, setelah dihitung-hitung, hingga batas pelunasan lumayan murah. Namun sistem yanh dianut dalam pembebanan cicilan bunga adalah sistem ANUITAS. Bunga mengikut suku bunga BI sehingga pembayaran tidak tetap tiap tahunnya. Bisa saja naik atau turun. Selanjutnya, bunga yang dikenakan adalah "bunga menurun", artinya cicilan pertama pembayaran bunga sangat tinggi, terus menurun tiap bulannya. Hal ini mengakibatkan kita akan rugi jika berniat membayar lunas pada awal cicilan karena awal cicilan kita seakan-akan hanya membayar bunga saja (Entah berapa perbandingan antara bunga dan pokok kredit)

#3. Pinjam uang di BRI ? Entahlah, yang jelas saya hanya tertarik akan kemudahan dan sistem perhitungan bungan yang memakai sistem FLAT. Flat Artinya bunga setiap tahun tetap sama apapun yang terjadi dengan suku bunga Bank Indonesia. Suku bunga flat saya anggap baik untuk pegawai yang bergaji tetap seperti PNS, malah untungnya (yang tak pernah bisa dihitung), gaji PNS bisa dipastikan naik tiap tahunnya. Tentunya cicilan bulanan tidak terlalu membebani lagi tiap tahunnya (sudah biasa... hehehe).

Dari beberapa pilihan diatas, saya mengambil opsi terakhir, meminjam uang di BRI. Sedikit kekecewaan saya, ternyata banyak "tetek bengek" untuk pencairan kredit yang tidak diketahui sebelumnya oleh orang awam seperti saya dan mungkin juga anda. "Biaya lain-lain" tersebut antara lain :

#1. Biaya Provisi sebesar 1,5% dari total kredit. Saya tidak mengerti ini untuk apa, lumayan banyak jika saya minjam 100 juta, provisinya sampai 1,5 juta. Untunglah pinjaman saya cuma 15 juta.
#2. Asuransi 0,94%
#3. Legalisasi di Notaris 50 ribu
#4. Biaya cetak 50 ribu

Lumayan banyak juga sih potongannya, dan tentunya seluruh lembaga pembiayaan mengenakan potongan juga, mungkin lebih tinggi dari list saya di atas. Makanya, saran saya teliti dan pikirlah ulang sebelum NGREDIT, sebelum anda kecewa nantinya.

1 komentar:

  1. Pinjaman ini Apakah Tepat Untuk Anda !!!
    Memang kita sangat baik terkenal, kita selalu cenderung untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami, Kami global recongnised dan untuk pertama kalinya dalam sejarah
    kami memperkenalkan metode transfer kredit cepat baru aktif, aplikasi Anda akan segera dikirim untuk kredit segera setelah Anda menerapkan, maka Anda akan menerima kredit instan decision.You akan dihubungi jika IMF membutuhkan information.ittambahan umumnya digunakan melalui keluar benua (transfer tunai instan tanpa biaya yang terlibat).
    Benar-benar gratis untuk siswa dan terlalu nyata untuk menjadi kenyataan, buru sekarang berlaku sebanyak yang Anda bisa.
    Kami baru-baru menurunkan suku bunga kita dengan 2% pada semua pinjaman bisnis yang disetujui, hipotek komersial dan sewa beli.
    Kami juga menjamin Anda cara yang bagus bagi Anda untuk memecahkan masalah arus kas.
    Kami dapat membantu Anda mengkonsolidasi utang Anda, membayar tagihan atau membantu Anda keluar dari mengikat keuangan yang tak terduga.
    CATATAN: Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana untuk mendapatkan akses ke aplikasi pinjaman Anda maka saya menyarankan Anda untuk Mulailah segera menghubungi penyedia jasa pinjaman online 24 jam untuk informasi lebih lanjut.
    Jika permintaan Anda darurat atau membutuhkan pengungkapan informasi rahasia atau pribadi untuk resolusi, silahkan hubungi kami @ + 1409 227 1204
    KONTAK: Adamchairmanloancompany@gmail.com
    Wc25380@Gmail.com
    Kami Tawarkan Layanan yang sangat baik.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...