29 Jun 2012

Nasi Goreng, Kuliner Paling Indonesia

Hampir semua manusia di muka bumi mengenal beras. Lebih dari separuh penduduk bumi mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok. Beras tersebut harus diolah dulu menjadi nasi untuk dapat dikonsumsi. Bagaimana dengan nasi yang disangrai atau digoreng atau lebih dikenal dengan nasi goreng (fried rice)? Sepertinya tak banyak penduduk bumi yang mengkonsumsinya secara massal selain di Indonesia.

Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak makan atau margarin. Untuk membuat nasi goreng diperlukan api, wajan dan sedetan. Bahan dasarnya adalah nasi, dan bumbu minimal adalah garam, bawang merah dan bawang putih. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, garam, dan minyak goreng tersebut. Selain itu banyak bahan makanan tambahan lain yang dapat dimasukkan dan dicampur dengan nasi goreng seperti sayuran, daging, sambal, saus, kerupuk, telur goreng, dan sebagainya.

Selain dapat dimakan dengan jenis makanan apa saja, nasi goreng dapat dimakan kapan saja. Awalnya banyak orang Indonesia memakannya untuk sarapan, biasanya menggunakan nasi sisa makan malam sebelumnya. Nasi yang digunakan untuk membuat nasi goreng sudah ditanak terlebih dahulu dan dibiarkan mendingin (bahkan hampir basi), sehingga menjadi alasan memakai nasi yang ditanak sehari sebelumnya. Daripada basi dan dibuang, mending diolah ulang jadi nasi goreng.


Meski sebagian besar warga Indonesia membuat nasi goreng untuk sarapan, makanan ini juga merupakan pilihan populer untuk makan siang hingga larut malam yang dijajakan oleh pedagang jalanan, warung, dan juga penjaja gerobak keliling yang sering menyusuri kawasan permukiman di Indonesia. Di kompleks perumahan dan jalan protokol dengan mudahnya kita menjumpai warung nasi goreng. Boleh di cek, hamper semua warung tepi jalan di Indonesia menampilkan nasi goreng sebagai menu favoritnya. Walaupun sampai saat ini saya belum pernah jumpai “warung nasi goreng begadang” seperti halnya ”coto begadang” di Makassar yang buka 24 jam, tapi saya yakin pasti ada warung makan yang buka 24 jam yang menjadikan nasi goreng sebagai menu favoritnya. Penjaja gerobak keliling dan warung nasi goreng yang menjamur ini menandakan nasi goreng sudah menjadi makanan utama favorit masyarakat Indonesia, bukan hanya untuk sarapan.

Makanan Rakyat Indonesia
Indonesia adalah negara yang paling kaya kulinernya. Dari ribuan suku di Nusantara, tentunya ada satu sampai beberapa jenis makanan khas dari suku tersebut. Contohlah coto khas Makassar, atau sate khas Madura. Walaupun khas daerah tertentu, namun ada saja kuliner tersebut didapati di daerah lain. Contohlah coto Makassar dengan sulitnya dapat ditemukan di tepian jalan kota Surabaya. Begitu pula sate Madura dengan mudahnya ditemukan di emperan toko kota Makassar tiap malamnya, walaupun bukan di daerah asalnya. Begitulah, kuliner tersebut adalah kuliner daerah yang sudah mulai me-Nasional walaupun tidak semua daerah sudah terkontaminasi. Contohlah lagi kota-kota kecil di Papua atau Kalimantan, sudahkah mereka mengenal coto Makassar? Saya yakin belum semua tahu. Anda yang membaca tulisan ini pun belum tentu tahu atau malah pernah mencicipi yang namanya coto Makassar.

Lalu, kuliner apa yang seluruh daerah di Indonesia tahu? Saya yakin jawabannya adalah NASI GORENG. Terlepas dari beragam variannya, nasi goreng adalah kuliner yang khas Indonesia. Hampir seluruh penduduk Indonesiamungkin pernah merasakan nasi goreng, bahkan malah hobi makan nasi goreng. Boleh ditanya orang dari Sabang sampai Merauke, saya yakin semua kenal dengan nasi goreng, bahkan sudah ada nasi goreng khas daerah tertentu. Nasi goreng Jakarta contohnya, nasi goreng khas ibukota Jakarta, walaupun saya masih sulit membedakan ke khasan nasi goreng Jakartadengan nasi goreng pada umumnya. Makanya saya berani menyebut nasi goreng adalah kuliner Nusantara yang paling Indonesia. Hampir semua daerah mungkin ada nasi goreng khas daerahnya. Nasi goreng Jakarta, Nasi goreng Medan, Nasi goreng Bali, dan nasi goreng Bugis sebagai contohnya. Mungkin saya tidak pernah mendengar nama Nasi Goreng Papua, tapi saya yakin orang Papua tahu dan pernah makan nasi goreng.

Banyaknya variasi jenis Nasi Goreng yang dapat ditemukan di Indonesia merupakan ekspresi kreativitas masyarakat Indonesiadalam meracik kreasi jenis kuliner dengan aneka citarasa, baik dari pengaruh bahan dasar lokal maupun pengaruh citarasa masakan internasional. Saya sendiripun memiliki nasi goreng khas buatan saya, saya sebut nasi goreng ala kadarnya. Yang membuktikan nasi goreng adalah kuliner paling Indonesia.

Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar “50 Makanan Terlezat di Dunia” setelah rendang. Masih ingat jugakah anda dengan pujian Presiden Amerika Serikat Barrack Obama akan kesukaannya terhadap nasi goreng, emping, dan bakso?

Walaupun dari catatan sejarah, nasi goreng berasal dari Tionghoa, tahukah anda kalau sekarang nasi goreng telah didaulat menjadi masakan nasional Indonesia?  Masakan nasional adalah resep masakan, makanan atau minuman yang melambangkan negara, bangsa, atau kawasan tertentu. Biasanya merupakan masakan yang populer dan sering dibuat di negara tersebut. Selain nasi goreng, gado-gado, sate, dan soto adalah masakan nasional Indonesia.

Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.


Makanan Semua Kalangan
Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran, hotel dan meja prasmanan dalam pesta. Nenek saya di kampung sering membuat Nasi goreng kampung. Bahan utamanya adalah Nasi sisa makan malam, minyak goreng sisa, bawang merah, dan garam. Sangat sederhana bukan?

Nasi goreng adalah salah satu makanan populer di restoran-restoran Indonesia atau Asia. Makanan ini sering disajikan untuk sarapan di hotel-hotel Indonesia. Di restoran, makanan ini disajikan sebagai hidangan utama yang dilengkapi telur, ayam goreng, sate, sayuran, makanan laut seperti udang goreng atau ikan, dan kerupuk. Di warung, jika ditambah telur ceplok namanya nasi goreng istimewa. Mereka menjual nasi goreng biasa dengan sedikit potongan ayam goreng, telur dadar, sayuran, dan mentimun.

Beberapa restoran menyediakan nasi goreng istimewa versi mereka sendiri, seperti Nasi Goreng Kambing Pete, Nasi Goreng Teri Medan, Nasi Goreng Aceh, Nasi Goreng Udang, dll.

Nasi Goreng Instan
Bumbu nasi goreng adalah pasta bumbu nasi goreng instan yang dituangkan setelah menggoreng nasi putih. Saat ini, saking populernya nasi goreng, telah banyak dijumpai bumbu nasi goreng instan dalam kemasan. Sejumlah merek bumbu nasi goreng dijual di supermarket dan warung tradisional. Saat ini bahkan telah ada paket nasi goreng beku yang dihangatkan menggunakan microwave untuk dibawa pulang yang dijual di supermarket kelas dunia..


Tidak salah bukan kalau saya sebut nasi goreng adalah kuliner paling Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...