8 Mar 2011

10 Fakta Kondisi Geografis Kota Makassar

 Kota Makassar Berada di Tengah Indonesia
Center Point of Indonesia

10 Fakta Mengenai Kondisi Geografis Kota Makassar antara lain :
  1. Kota Makassar sendiri berdekatan atau berbatasan dengan sejumlah kabupaten yakni sebelah utara dengan kabupaten Pangkep, sebelah timur dengan kabupaten Maros, sebelah selatan dengan kabupaten Gowa dan sebelah barat dengan Selat Makassar.
  2. Wilayah kota Makassar berada pada koordinat 119 derajat bujur timur dan 5,8 derajat lintang selatan dengan ketinggian yang bervariasi antara 1 sampai 25 meter dari permukaan laut.
  3. Posisi Kota Makassar berada di persimpangan jalur lalu lintas dari arah selatan dan utara dalam propinsi di Sulawesi, dari wilayah kawasan Barat ke wilayah kawasan Timur Indonesia dan dari wilayah utara ke wilayah selatan Indonesia.
  4. Kota Makassar merupakan daerah pantai yang datar dengan kemiringan 0 sampai 5 derajat ke arah barat.
  5. Wilayah kota Makassar diapit dua muara sungai yakni sungai Tallo  yang bermuara di bagian utara kota dan sungai Jeneberang yang bermuara di selatan kota. 
  6. Luas wilayah kota Makassar seluruhnya berjumlah kurang lebih 175,77 Km² daratan dan termasuk 11 pulau di selat Makassar ditambah luas wilayah perairan kurang lebih 100 Km². Sehingga bila di jumlah antara wilayah daratan dan lautan menjadi kurang lebih 275,77 Km².
  7. Jumlah kecamatan di kota Makassar sebanyak 14 kecamatan dan memiliki 143 kelurahan. Diantara Kecamatan tersebut, ada tujuh kecamatan yang berbatasan dengan pantai yaitu kecamatan Tamalate, Mariso, Wajo, Ujung Tanah, Tallo, Tamalanrea dan Biringkanaya.
  8. Jenis-jenis tanah yang ada di wilayah Kota Makassar terdiri dari tanah inceptisol dan tanah ultisol.
  9. Pada wilayah perkotaan Kota Makassar sudah jarang terdapat lahan kosong milik negara atau lahan-lahan mentah lainnya. Kota Makassar direkomendasikan sebagian besar untuk kawasan pengembangan budidaya karena tidak ada syarat yang memenuhi sebagai kawasan lindung. 
  10. Pembagian lahan dalam wilayah Makassar dibagi dengan peruntukan Kawasan Mantap 38 %, Kawasan Peralihan 11 %, dan Kawasan Dinamis 51 %.

Sumber : http://bahasa.makassarkota.go.id/index.php/component/content/article/85

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...