12 Mar 2011

10 Penyebab Kemacetan Jalan di Makassar

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQwASLV2ddTPV62dfrMwURiZzv2XCoOOxqA0CEtIou7bu1N5lHFYU0NePqaQmDYV6CnFTBfchmlH2ogvTKd-uumrjtzxxY-k6CVkvfTu-TkVVh41ttMhTNwu4uhdm5fjlB3dfyl5Zk7phs/s1600/Makassar-Macet-10-Jam-Sehari.jpg

Makassar adalah kota besar yang sangat pesat perkembangannya. Kemacetan lalulintas setiap hari terutama pagi dan sore hari menjadi indikasinya. Seperti halnya Jakarta yang kemacetan telah mencapai titik puncaknya, jika tidak ditangani secara serius maka kota Makassar akan mengalami hal yang sama, bahkan dengan durasi yang lebih singkat. Mungkin, Makassar di tahun 2017-an telah seperti Jakarta sekarang ini. Macet total

Sebagai rakyat jelata kota Makassar, saya mempunyai beberapa pandangan sendiri akan penyebab kemacetan di jalan, antara lain :


1. Pete-pete
Pete-pete dituding sebagai penyebab utama kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas kota Makassar. Pete-pete bisa seenaknya pindah jalur, menurunkan dan menaikkan penumpang di tempat-tempat yang tidak seharusnya atau berzig-zag dengan cueknya di jalan raya. Maklum kejar setoran.

2. Becak
Karena lambatnya, becak membuat mobil antri di belakangnya karena jalan sempit dan tak bisa menyalip. Maklum tenaga betis.

3. Motor
Jika arus lalu lintas melambat, pengendara motor memotong jalan dan mengambil lajur kanan yg membuat kemacetan semakin parah. Maklum body langsing.

4. Mobil
Saya paling sering mendapati pengemudi mobil menelpon sambil nyetir. Bayangkan saja mengularnya antrian kendaraan di belakang si besar karena melambat. Maklum, telpon bisnis trilyunan.

5. Sepeda
Ah, ini sepertinya tidak memacetkan jalan, kecuali ada acara sepeda santai yg sampai menutup jalan. Maklum saya suka naik sepeda. hahaha

6. Pejalan kaki
Ah, sambarang tong. Mana ada pejalan kaki yg memacetkan jalan? Kecuali jika ada pejalan kaki sexy yg membuat pengendara mobil dan motor tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Atau, ada pejalan kaki yang ingin bunuh diri ditengah jalan.

7. Demonstrasi
Mahasiswa Makassar terkenal akan prestasinya memblokir jalan apabila sedang berdemonstrasi. Tiang listrik hingga truk kontainer jadi palang sakti yang mampu memacetkan jalan beberapa jam, beberapa kilometer. Maklum ingin "terdengar".

8. Jalan Rusak
Jalan yang berlubang menjurus hancur hampir dapat ditemukan di seluruh sudut kota Makassar. Terutama di kompleks perumahan saya, beda tipis dengan kubangan. Tak perlu saya gambarkan proses macetnya jalan karena jalan rusak, anda dapat membayangkannya sendiri.


9. Jalan sempit
Tentu saja lebar jalan yang tidak sesuai dengan volume kendaraan otomatis memacetkan jalan

10. Jalan banjir
Inilah yang paling unik. Setiap hujan, ada beberapa jalan poros di Makassar yang tergenang air hingga sebetis. Penyebabnya adalah saluran air yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini jalan atau sungai ?



Tiga poin terakhir adalah tugas pemerintah memanjakan rakyatnya. Terlepas dari sarana serta prasarana jalan yang buruk, tentunya kemacetan tidak akan terjadi jika seluruh pengguna jalan mematuhi aturan lalu lintas.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah patuh aturan lalu lintas? Apakah kota anda jarang macet?

Gambar : 
ujungpandangekspress.com  
swatt-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...