19 Jun 2011

Fasilitas Kamar Asrama Pelatihan yang Memadai

 

Banyak dari anda yang mungkin pernah mengikuti suatu pelatihan, entah itu pelatihan formal maupun non formal. Pelatihan diselenggarakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, membuat peserta pelatihan tahu dan terlatih mengenai yang dilatihkan. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya dibutuhkan suasana kondusif dalam pelatihan. Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah fasilitas kamar asrama. Jika kamar dan segala fasilitasnya memadai, tentu saja peserta pelatihan akan merasa nyaman sehingga dapat mencapai tujuan pelatihan sesuai yang diharapkan.



Banyak pilihan tempat untuk mengadakan pelatihan mulai dari yang paling murah hingga yang mahal. Tentu saja semakin mahal, semakin baik fasilitas yang diberikan. Fasilitas termahal tentu saja dimiliki oleh hotel berbintang lima, tapi yang mahal belum tentu baik. Menurut saya ada beberapa standar asrama pelatihan (khususnya asrama) yang dapat dikatakan baik dan memenuhi standar, antara lain :

One man one room
Satu orang satu kamar. Saya dengan sangat senang hati memilih "hidup" sendiri di kamar daripada berbagi dengan orang lain apalagi orang yang tidak kita kenal. Tugas-tugas perorangan akan lebih mudah dikerjakan dan diselesaikan. Namun hal ini tidak berlaku pada tugas kelompok. Namun demikian menurut saya soal kamar pelatihan, jauh lebih nyaman sendiri daripada berbagi.

Toilet dalam kamar
Peserta pelatihan akan merasa sangat nyaman bila privasinya terjaga selama pelatihan. Soal mandi dan buang air merupakan hal yang sangat privasi. Dijamin peserta pelatihan akan malas mandi dan buang air jika tidak ada toilet di kamarnya. Yang lebih nyaman lagi adalah jika ada fasilitas air panas, bahkan bak mandi di toilet. Peserta pelatihan pastinya merasa sangat dimanjakan.

Fasilitas penunjang lain
Sebaiknya ada beberapa hal lain yang sebaiknya ada di kamar pelatihan, antara lain:
- penerangan lampu yang cukup
- fasilitas internet gratis
- televisi, sebagai sarana hiburan dan informasi
- telepon, minimal antar kamar dan petugas informasi
- meja belajar
- lemari pakaian
- brankas
- kulkas mini. Kalau tidak ada kulkas, minimal fasilitas air panas dan dingin siap minum selama 24 jam
- laundry, tidak perlu dalam kamar, namun satu mesin cuci untuk seluruh asrama saya rasa sudah cukup
- Tempat sampah
- pendingin kamar (AC atau kipas angin)
- hanger pakaian
- Rak buku dan dokumen
- Termos, gelas, dan perlengkapan minum.











Semangat mengikuti pelatihan, semoga lancar dan sukses!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...