6 Agu 2011

Pembangunan Masjid Terapung 99 Al Makazzary, Makassar

 Masjid Terapung 99 Al Makazzary, Makassar---


Satu lagi masjid moderen akan hadir di Kota Makassar. Adalah Masjid 99 Al-Makazzary yang berdiri di atas laut Pantai Losari, diklaim sebagai masjid terapung pertama di Indonesia dengan memadukan konsep religius dan wisata. Masjid 99 Al-Makazzary tentunya akan memperkaya khasanah land mark dan wisata religius Kota Makassar.

Masjid 99 Al-Makazzary rencananya akan dibangun tiga lantai, lantai satu dan lantai dua sebagai sarana ibadah atau tempat shalat, lantai tiga di bawah kubahnya, bisa ditempati warga bereakreasi khususnya melihat sunset Pantai Losari serta tempat memantau dan melihat hilal (pantauan awal Ramadhan atau waktu-waktu Islam lainnya). Masjid ini,berdiri di atas air laut seluas 1.608 meter dengan menggunakan 164 tiang.


Total dana yang akan digunakan dalam pembangunan Masjid ini mencapai 7 miliar rupiah. 3 miliar rupiah diantaranya khusus dialokasikan untuk pembangunan pelataran, termasuk tiang masjid. Dana pembangunan awal berasal dari bantuan masyarakat, termasuk mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Inisiator dari pembangunan Masjid 99 Al-Makazzary adalah Ilham Arief Sirajuddin (Walikota Makassar saat ini). Arsitek Masjid 99 Al-Makazzary adalah Danny Pomanto (Arsitek Masjid Raya Makassar, Pantai Losari, dll). Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 8 Mei 2009.


Hingga sekarang, pembangunan Masjid 99 Al-Makazzary belum juga rampung, padahal rencananya akan dapat digunakan pada Ramadhan tahun 1432 H ini. Hal ini berkaitan dengan pendanaan yang kurang karena biaya pembangunan masjid murni tidak menggunakan dana pemerintah. Kekurangan dana ini diharapkan dapat ditutupi oleh partisipasi masyarakat. Untuk pengumpulan dana partisipasi masyarakat, panitia menyiapkan nomor rekening 0050.01.082116.50.1 di BRI cabang Ahmad Yani atas nama Panitia Pembangunan Masjid 99 Al Mukazzary (maaf, hubungi langsung panitia pembangunan Masjid, takut salah.. hehehe). Semoga pembangunan Masjid Terapung 99 Al Makazzary segera rampung sehingga kita dapat menggunakannya sebagaimana mestinya.

artikel dari berbagai sumber, gambar dicomot dari lintasterkini.com dan fandyadam.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...