22 Agu 2011

Pulau Kayangan, Pulau Dewata Ala Makassar

 

Pulau Kayangan merupakan pulau koral yang paling dekat dengan Makassar. Pulau ini telah dikembangkan sebagai tempat rekreasi, menjadi tempat bersantai yang terkenal bagi penduduk kota Makassar. Setiap akhir pekan pertunjukan dan hiburan khusus selalu diadakan untuk menghibur para pengunjung.

Pulau Kayangan dilengkapi dengan pelabuhan penyeberangan yang khusus diperuntukan bagi wisatawan yang akan berlibur di pulau ini. Perahu penyeberangan tersedia setiap 20 menit ke pulau dan membawanya kembali ke Makassar. Dermaga Kayangan terletak di depan Benteng Rotterdam, dekat Pantai Losari. Pulau ini dibuka hingga pukul 24.00 Wita. Mempunyai sistem keamanan 24 jam, ada pos polisi di Pulau ini. Tersedia berbagai fasilitas di pulau ini, seperti tempat penginapan, pondokan, panggung hiburan, restoran, gedung serba guna, ruang pertemuan, tempat bermain bagi anak-anak, sarana olah raga, dan anjungan memancing serta kolam renang. Didukung pula dengan fasilitas air tawar yang khusus didatangkan dari Kota Makassar.


Bentuk : Bulat
Pasir : Putih
Penghuni : Tidak ada
Luas Wilayah : 2 Ha
Alamat : Kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar
Jarak : 800 m dari Pelabuhan Soekarno Hatta
Waktu tempuh : 15 menit dari dermaga Kayangan
Biaya Transportasi : Rp. 20.000,- per orang, pergi-pulang

Dulunya, pulau ini bernama Marrouw atau Meraux, dan dikelola sebagai resort dan tempat wisata bahari favorit sejak tahun 1964, Pada tahun 2003 sempat ditutup, namun dibuka kembali beberapa bulan kemudian. Saat ini, pulau kayangan telah direnovasi kembali dan dilengkapi sejumlah fasilitas tambahan agar memenuhi standar internasional. Bagi masyarakat kota Makassar, pulau Kayangan sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kota ini. Tempat ini merupakan salah satu alternatif utama bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata di Kota Makassar.






Pulau kayangan adalah salah satu ikon wisata bahari kota Makassar diantara banyak pulau lainnya di Makassar. Mungkin berlebihan kalau saya katakan jika Pulau Kayangan adalah miniaturnya pulau Bali yang ada di Makassar, namun boleh dicoba jalan-jalan kesini di akhir pekan. Berkunjunglah ke Pulau Kayangan, Pulau Dewata ala Makassar.

[kotadaeng.net, bahasa.makassarkota.go.id]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...